Rabu, 23 Desember 2009

Fantastic Football Player

 

messi imageSudah tidak terbantahkan lagi, bahwa tahun 2009 untuk pemain sepakbola menjadi tahunnya “Lionel Andrés Messi”. The Messi-ah baru saja diumumkan oleh FIFA sebagai pemain terbaik dunia 2009 dihadapan Kongresshaus, Zurich, Selasa (22/12/1009) dinihari WIB. Dia mengungguli teman satu clubnya Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta serta Cristiano “CR9” Ronaldo.

Tidak ada yang mengejutkan dari pengumuman tersebut. Sejak FIFA mengumumkan kandidat pemain terbaik dunia 2009 beberapa waktu lalu, nama Messi melesat sebagai kandidat terkuat. Wajar, mengingat winger mungil yang terlahir 24 Juni 1987 (22 tahun yang lalu) berjasa sangat besar mengantarkan Barcelona FC merengkuh enam trofi (fantastis) dalam satu tahun, trofi Liga Spanyol, Copa Del Rey, Super Spanyol, Liga Champions, Super Eropa dan yang paling gres Piala Dunia Antar Club.

Messi harus bersabar menunggu tiga tahun sampai dia benar-benar dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia, setelah dua kali sebagai Runner Up yaitu tahun 2007 (kalah dari Kaka) dan tahun 2008 (kalah dari Cristiano Ronaldo).

Penghargaan ini membuktikan bahwa tahun 2009 memang benar-benar milik “titisan Maradona” ini. Tapi capaian ini tak berhenti sampai disana. Jumlah penghargaan yang diraihnya sebagai seorang individu pesepakbola jauh lebih banyak karena jumlah mencapai dua digit. Dua yang mentereng tentunya status pemain terbaik dunia versi France Football (Ballon d’ Or) dan pemain terbaik dunia versi FIFA. Penghargaan lain yang tak kalah prestisius adalah Top Skorer Liga Champions 2008/09 (9 gol), Striker terbaik UEFA 2008/09 serta pemain terbaik UEFA 2008/09.

Dari Liga Spanyol, Messi juga membawa pulang penghargaan Premio Don Balon (pemain asing terbaik), pemain Amerika Selatan terbaik di Liga Spanyol, pemain terbaik Liga Spanyol, Striker terbaik Liga Spanyol dan Trofeo Alfredo Di Stéfano (pemain terbaik versi media olahraga Marca). Masih lagi ditambah pemain terbaik kejuaraan Piala Dunia antar Club di Uni Emirat Arab. Woww… Fantastic Player Football, sulit untuk disamai oleh pemain sepakbola lainnya.

Berikut penghargaan yang sudah diraih Lionel Andrés Messi sepanjang tahun 2008/2009 (dikutip dari Wikipedia) baik bersama club Barcelona maupun secara individu.

Perghargaan bersama Barcelona FC

Juara Liga Spanyol

Juara Copa Del Rey

Juara Super Spanyol

Juara Liga Champions

Juara Super Eropa

Juara Piala Dunia Antar Club

Penghargaan secara Individu

Ballon d’Or

Pemain Terbaik FIFA

Pemain Terbaik World Soccer

Premio Don Balon (Pemain asing terbaik di La Liga Spanyol)

EFE Trophy (Pemain Amerika Selatan terbaik di La Liga Spanyol)

Trofeo Alfredo Di Stéfano (Pemain terbaik versi Marca)

Pemain Depan/Striker Terbaik UEFA

Pemain Terbaik UEFA

Pemain Terbaik LFP (Liga Sepakbola Profesional Spanyol)

Pemain Depan/Striker terbaik LFP ((Liga Sepakbola Profesional Spanyol)

Pemain Terbaik Piala Dunia Antar Club

Topskor Liga Champions 2008/09

 

Berita terkait :

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar