Senin, 21 Desember 2009

XP Menuju Windows 7 (Tujuh)

Menuju Windows Tujuh (Upgrade) dari XP. Posting kali ini akan membahas Upgrade dari Windows XP. (Baca posting “Vista Menuju Windows 7 (Tujuh))”.

Bagi pengguna XP dan Vista, untuk menikmati Windows 7 ada dua cara yaitu “Instal Ulang (Inul)” dan “Upgrade”. Bedanya kalau Instal Ulang adalah mengganti sistem operasi, sehingga kita akan kehilangan program, setting bahkan data yang ada. sedangkan Upgrade adalah masih mempertahankan setting, program dan data.Pengguna Windows XP tidak serta merta upgrade ke Windows 7. Sementara untuk Windows Vista dapat langsung upgrade.

 

1. Cek dan Back-up.

Cek apakah spesifikasi PC anda sesuai dengan Windows 7 Upgrade Advisor (Baca posting “Windows 7 Upgrade Advisor”). Untuk Back-up, supaya mudah pakai software Windows Easy Transfer. Dapat didownload gratis Disni. Catatan : Kalau anda pakai Windows XP 32bit, windows 7-nya juga harus 32bit. Jalankan Windows Easy Transfer (setelah terinstal), backup data anda dalam flashdisk, hardisk,atau komputer lain dalam jaringan. Pilih “This is my old computer”. Setelah pencarian Windows Easy Transfer komplit tentukan drive, folder dan file yang dipindahkan dan klik “Next”. Lalu muncul tampilan permintaan password (Kosongkan bila anda tidak memerlukan password). Back-up (langkah 1) selesai.

2. Instal Windows 7

Masukkan DVD Windows 7 klik “Install Now” atau jalankan file “Setup.exe”. akan muncul dua pilihan : “Go Online to get the lastest updates” dan “Do not get the lastest updates”. Jika tidak terkoneksi pilihlah pilihan yang kedua. Lalu klik “Next” dan klik “Custom (advenced) untuk melanjutkan proses upgrade. Pilih partisi tempat windows 7 diinstal. Klik “OK” ketika opsi “Windows Old” muncul. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi untuk menyelesaikan instalasi. Tugas install selesai.

3. Transfer Back-up data lama.

Klik program “Windows Easy Transfer” dari Start > All programs > Accessories > System Tools. Setelah terbuka, klik “Next” kemudian “An external hardisk or USB flashdrive”. Langkah selanjutnya klik “This is my new computer”. “Yes” dan bukalah hasil back-up file lama dan klik “Transfer”. Dan akhirnya selesai sudah proses back-up nya. Untuk membersihkan Windows Old anda (Windows XP lama) yang tidak terpakai pakai “Disk Cleanup”. (From PC+ 348)

CATATAN:

1. Hal yang diperhatikan sebelum Upgrade XP ke W7.

a. Pastikan spesifikasi PC anda memenuhi syarat Windows 7.

b. Jangan lupa untuk memasang .NET Framework 2.0 agar Windows 7 Upgrade Advisor dapat   beroperasi.

c. Pastikan anda memiliki driver hardware yang kompatibel dengan windows 7, download dari situs resmi.

d. Periksa kapasitas hardisk, anda butuh 16 – 20GB.

e. Siapkan installer program-program yang anda pakai.

2. Kebutuhan Sistem Windows 7

a. Procesor 32-bit (x86) atau 64-bit(x64) 1GHz atau lebih.

b. 1GB RAM (32-bit) atau 2GB RAM (64-bit).

c. Hardisk kosong 16GB (32-bit) atau 20GB (64-bit)

d. Grafis DirectX 9 dengan driver WDDM 2.0 atau lebih.

(From PC+ 348).

 

Berita terkait

XP Menuju Windows 7 (Tujuh)

Vista Menuju Windows 7 (Tujuh)

Windows 7 Upgrade Advisor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar